December 8, 2019 Jawa Pers

Gojek,Bekraf Dan In-Docs Dukung Film Dokumenter

Jakarta,JPs –  In-Docs, sebuah lembaga nirlaba yang mendedikaslkan diri untuk mentransformasl ekosistem dokumenter Indonesia telah membantu menghasilkan talenta-talenta baru di bidang film dokumenter sejak tahun 2002, kembali bekerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif menyelenggarakan kegiatan Docs By The Sea. Docs By The Sea merupakan forum global yang menghubungkan para pembuat film dokumenter Indonesia dän Asia Tenggara dengan industri dan investor• film dokumenter internasional. Acara Docs By The Sea merupakan acara tahunan yang diselenggarakan sejak tahun 2017 dan acara Docs By The Sea pada tahun ini merupakan tahun kedua yang akan diselenggarakan di Hotel The Patra Kuta, Bali dari tanggal 2 s.d 9 Agustus 2018.

Pada edisi perdananya di tahun 2017, Docs By The Sea telah berhasil memfasilitasi empat co-produksi intemasional, empat produksi televisi internasional, serta terpilihnya enam dokumenter Indonesia dan Asia Tenggara ke forum-forum dokumenter bergengsi dunia. Tahun lalu, film “Pesantren” tentang kehidupan anak-anak muda di sebuah pesantren di Cirebon dipresentasikan di Docs By The Sea 2017. Proyek ini meninggalkan kesan yang mendalam pada Isabel Arrate, direktur IDFA Bertha Fund yang kemudian merekomendasikan proyek ini untuk dipresentasikan di IDFA Forum di Amsterdam, di mana proyek ini mendapatkan Åre-sale dari Al-Jazeera. Film “Audio Perpetua” tentang sekelompok tuna netru di Manila yang bekerja sebagai penulis transkrip rekaman suara juga sukses mendapatkan seorang co-produser dari Finlandia yang akhimya mendatangkan pendanaan untuk film ini. Penggalangan dana untuk dokumenter merupakan perjalanan yang amat panjang dan berliku karena hampir tidak adanya pendanaan dari negara dan televisi nasional. Docs By The Sea menjadi oasis yang amat dibutuhkan oleh para pembuat film di mana mereka bisa mekakses •masukan• dan . dukungan dari komunitas internasional yang memiliki infrastruktur pendanaan dan distribusi yang lebih mapan.

Pada tahun ini, acara Docs By The Sea akan memfasilitasi bentuk pendanaan baru untuk film dokumenter, yang tidak pernah ada sebelumnya. Perusahaan on-demand berbasis aplikasi terbesar Indonesia, GO-JEK berkolaborasi dengan Badan. Ekönomi • Kreatif dan In-Docs akan menciptakan sebuagh skema pendanaan Untuk film dokumenter yang pertama di Indonesia, yang diberi nama Docs By The Sea Co-Production Fund. Pendanaan ini bertujuan untuk mendorong terciptanya film-film dokumenter berkualitas melalui program mentorship, skema distribusi, dan pendanaan. Pada Docs By The See 2018, dua puluh proyek dokumenter Indonesia akan berkompetisi untuk mendapatkan DOCS By The Sea Co-Production Fund, yang proses seleksinya akan berlangsung di Bali, tanggal 7 — 9 Agustus 2018.
Sebagai karya anak bangsa, GO-}EK terus berinovasi untuk berkonfribusi terhadap perekonomian Indonesia, termasuk mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif tanah air, dalam hal ini industri perfilman, melalui inisiatif barunya GO-STUDIO. Melaiui GOSTUDIO, GO-JEK turut serta mendorong inovasi serta potensi di bidang kreatif Indonesia yang memiliki nilai tambah serta daya saing di dunia internasional.
“Inovasi dan kreatifitas merupakan bagian dari Pilar utama GO-JEK. Kami berkomitmen untuk terus mendukung ekonomi kreatif Indonesia, kali ini komunitas Pembuat konten lokal dan pelaku industri perfilman tanah air. Melaiui GO-STUDIO, kami mendukung komunitas kreatif Indonesia untuk menggarap karya-karya yang berkualitas, sekaligus memberikan kesempatan kepada mereka terhadap akses audience yang Iebih luas. Hal ini sejalan dengan semangat pemerintah Indonesia khususnya Bekraf dalam memperkuat ekonomi kreatif khususnya sub sektor perfilman di Indonesia, “kata Nila Marita, Chief Corporate Affairs GO-JEK. “Kolaboråsi ini diharapkan akan dapat. memberi kesehpatan kepada para pelaku industri film Indonesia agar karyækaryanya dapat dinikmati tidak hanya di Indonesia namun juga di seluruh dunia,” tambahnya.
Pada acaca Docs By The Sea 20″ 8, 31 proyek film dokumenter dari Asia Tenggera dan dari Australia akan mengikuti program inkubasi selama empat-hari yang dilanjutkan dengan pitching forum serta kegiatan-kegiatan industri lainnya selama tiga hari; Sebanyak 31 film yang telah terseleksi tersebut akan dipresentasikan kepada 35 •lembaga donor, jaringan televisi, distributor, dan platform-platform dunia yang membutuhkan film dokumenter. Di antara insitusi internasional yang telah mengkonfirmasi kedatangannya adalah Tribeca Film Institute (Amerika), Guardian (Inggris), Al-Jazeera (Qatar), SBS (Australia), Ideosource (Indonesia), POV (Amerika), Visions du Reél (Swiss), Dok Leipzig (Jerman), Asian Network for Documentary (Korea Selatan), NHK (Jepang), dan Chännel News Asia (Singapura) dan banyak lagi. Para pengambil keputusan dari institusi-institusi bergengsi tersebut diharapkan dapat menemukan film-film dari kawasan Asia Tenggara untuk memperkaya dan mendiversifikasi tayangan dokumenter di platform mereka dengan talenta-talenta dan perspektif yang baru.

Kemitraan Strategis Adalah Kunci

Dalam transformasi pentas film dokumenter baik di Indonesia maupun Asia Tenggara, In-Docs percaya bahwa tcrjalinnya kemitraan strategis adalah kuncinya. “Strategi kami adalah membangun kemitraan strategis dengan ahli-ahli industri dan institusi internasional yang memiliki tekad dan visi. yang sama dalam mendukung cerita Cerita terbaik yang mewakili perspektif yang beragam untuk membuka wawasari dan menginspirasi masyarakat,” kata Amelia Hapsari, Direktur Program in-Docs, yang merupakan penyelenggara Docs By The Sea bersama tim Bekraf.

Docs By The Sea diperkuat dengan adanya kemitraan strategis dari seluruh penjuru dunia. Bersama dengan Tribeca Film Institute dari Amerika Serikat, Docs By The Sea juga menjadi tuan rumah program IF/Then untuk mendukung film dokumenter pendek. Program ini akan memberi pendanaan dan dukungan distribusi untuk empat film pemenang. Mridu Chandra, Direktur Program IFIThen dari Tribeca Film Institute amat senang dapat bekerjasama dengan In-Docs dan Bekraf dalam mendukung dokumenter pendek Asia Tenggara. “Fakta bahwa Asia Tenggara ada\ah satu dari dua kawasan di luar Amerika di mana.lF/Then beroperasi merupakan bukti akan kebutuhan Kolektif akan program ini dan kapasitas untuk bercerita dengan semakin meyakinkan (di kawasan ini),” kata Mridu. Selain pendanaan yang akan diberikan oleh In-Docs dan Rebeca Film Institute, Al-Jazeera juga akan menyeleksi seorang pemenang yang filmnya akan diproduksi oleh jaringan berita raksasa ini.

Kolaborasi dengan IDFA dari Belanda akan memilih satu project ur.tuk menghadiri IDFAcademy yang bergengsi dan menjadi pengamat di IDFA Forum. Dok Leipzig dari Jerman akan mengundang satu proyek dari Docs By The Sea untuk menghadiri market co-production-nya. Current TV dari Republik Ceko akan memberi hibah sebesar USD 3.000 untuk presentasi terbaik. Berkat dukungan Kedutaan Australia, forum dokumenter utama Australia AIDC akan memilih satu proyek Indonesia untuk dipresentasikan di Melbourne pada tahun depan. Sebagai timbal balik, satu proyek Australia juga dapat berpartisipasi di Docs By The Sea. Platform dokumenter Korea Selatan Docs Port Incheon juga akan memilih dokumenter-dokumenter terbaik Asia Tenggara untuk dibawa ke Korea. British Council Indonesia juga telah membantu dibangunnya hubungan antara Docs By The Sea dengan festival bergengsi Inggris Sheffield Doc/Fest. Seorang filmmaker Indonesia telah dikirim untuk menghadiri Sheffield Doc/Fest di bulan Juni lalu.
“Saya amat bangga bahwa dalam waktu hanya satu tahun, Docs By The Sea telah memungkinkan berbagai macam bentuk koalisi yang amat mengagumkan yang memberi energi baru bagi kancah dokumenter Asia Tenggara. Saya melihat ini sebagai bukti kekayaan talenta dan kreatifitas dari kawasan ini yang sudah siap untuk uiaktivasi,”. kata Triawan Munaf, Kepala Bekraf. Docs By The Sea yang digagas Bekraf reerupäkan bukti nyata dukungan pemerintah terhadap industri kreatif Indonesia.

Kemitraan-kemintraan strategis yang tercipta melalui acara Docs By The Sea membawa dampak yang besar, tidak hanya untuk industri kreatif Indonesia, tetapi juga masyarakat luas. Eric Sasono, seorang kritikus film dan akademisi yang berfokus .pada budaya dokumenter di Indonesia menilai bahwa Docs By The Sea adalah “sebuah wadah penting yang membuat para filmmaker dokumenter Asia Tenggara bisa memperluas cerita-cerita alternatif dan bisa berkontribusi kepada terbentuknya publik dalam konteks demokratisasi masyarakat dan lebih lagi.”
Tentang Bekraf Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) adalah lembaga pemerintah nonkementerian yang bertanggung jawab di bidang ekonomi kreatif. Saat ini, Kepala Bekraf dijabat oleh Triawan Munaf.

Bekraf mempunyai tugas membantu Presiden RI dalam merumuskan, menetapkan, mengoordinasikan, dan sinkronisasi kebijakan ekonomi kreatif di bidang aplikasi dan game developer, arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, fashion, film animasi dan video, fotografi, kriya, kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, dan televisi dan radio.

Related Posts

BNI Syariah dan ITB Jalin Sinergi Positif

December 28, 2017

December 28, 2017

Bisnis Metro, BANDUNG — Bertempat di Institut Teknologi Bandung (ITB), BNI Syariah bekerjasama dengan ITB melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding...

Kristiadi (CSIS): Karena Dianggap Kontroversial diprediksi Gatot Nurmantyo Kurang Pendukung di Pilpres 2018

December 9, 2017

December 9, 2017

Bisnis Metro, JAKARTA — Peneliti senior Centre for Strategic of International Studies (CSIS) J Kristiadi memprediksi, posisi tawar Panglima TNI...

Menyambut HUT KORPRI ke – 46 BNI Syariah Mudahkan PNS Berangkat Umroh

November 29, 2017

November 29, 2017

Bisnis Metro, JAKARTA — Bertempat di Kantor Pusat BNI Syariah Gedung Tempo Pavilion I, telah diluncurkan program ”Gampang Umroh” bagi...

Pertemuan IMF dan Bank Dunia mendatang tetap di Bali

December 24, 2017

December 24, 2017

Bisnis Metro,Karangasem, BALI – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan memastikan p ertemuan tahunan Dana Moneter Internasional (IMF) dan...

Syukuran 1 tahun HIMPUNI Dan Pengukuhan Ketua POKJA Bersatu Bersama Mewujudkan Bangsa Pemenang

May 24, 2017

May 24, 2017

bisnismetro.com , Jakarta – Perhimpunan Ikatan Alumni Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (HlMPUNI) pada senin malam (22/05/2017) kemarin mengadakan tumpengan syukuran...

Forum Dialog Perempuan dan Pemilu 2029 ” dalam Rangka Memperingati Hari Perempuan Dunia “

March 19, 2019

March 19, 2019 1

Jakarta, Jawapers – Selasa Hari ini tanggal 19 Maret 2019, International Foundation for Electoral Systems (IFES), dan International Republican Institute...

Penumpang kereta api di Surabaya Natal tahun ini naik

December 24, 2017

December 24, 2017

Bisnis Metro, SURABAYA — Jumlah penumpang kereta api pada libur Natal tahun ini di Stasiun KA Surabaya dan sekitarnya naik...

Spekulasi Semakin Melebar Terkait Kejanggalan Penetapan Tersangka Kasus Heli AW101

August 11, 2017

August 11, 2017

Bisnismetro, JAKARTA — Kejanggalan dalam penetapan tersangka dan pengadaan7Helikopter AgustaWestland AW101 (AW 101) di tubuh TNI menimbulkan banyak spekulasi. Apalagi...

225 KG BENIH JAGUNG SIAP DI TANAM DI LAPAS TERBUKA CIANGIR TANGERANG BANTEN

November 9, 2019

November 9, 2019

Jakarta, Jawapers – Tangerang 7 November 2019. 225 kg benih jagung siap di tanam siap ditanam di Lapas Terbuka Ciangir,...

BNI Syariah Bersama Forum Kerjasama BPS BPIH Luncurkan Hanggar Mockup Pesawat Asrama Haji Sudiang Makassar

July 14, 2017

July 14, 2017

BISNISMETRO, Makassar – Bertempat di Embarkasi Haji Makassar telah berlangsung peresmian Hanggar Mockup Pesawat. Acara tersebut dihadiri oleh Menteri Agama...

Adhi Karya Targetkan Penjualan Rusun Dekat Stasiun Rp 3,3 Triliun, Naik 250%

December 20, 2017

December 20, 2017

Bisnis Metro, JAKARTA — PT Adhi Karya (Persero) Tbk menargetkan penjualan properti berbasis Transit Oriented Development (TOD) yang terintegrasi dengan...

Ketum Golkar Umumkan Struktur Kepengurusan Baru Partai Golkar

January 22, 2018

January 22, 2018

Bisnis Metro, JAKARTA — Kabar baik bagi Partai Golongan Karya (Golkar). Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dikabarkan bakal mengumumkan...

Waktu Semakin Mepet, Satgas TMMD Gencet Semua program

August 4, 2018

August 4, 2018

Nusa Tenggara Barat, Jawapers – Waktu satu bulan sudah tinggal menghitung hari. Tepat tangal 8 Agustus minggu depan TNI Manunggal Membangun...

IAEI Gelar Penutupan Silaknas dengan Memberikan Apresiasi Kepada Institusi dan Tokoh Penggerak Ekonomi Syariah

July 30, 2017

July 30, 2017

BISNISMETRO, JAKARTA — Bertempat di Hotel Fairmont Senayan, Jakarta dalam rangkaian acara Silaturahim Kerja Nasional (Silaknas), Ikatan Ahli Ekonomi Islam...

Anies tinjau kondisi BEI

January 15, 2018

January 15, 2018

Bisnis Metro, JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), yang bagian konstruksi di lantai...

Comments
Leave a Reply

Your email address will not be published.