April 2, 2020 Jawa Pers

lndoAgro “Indonesia Agriculture, Fishery, Livestock and Plantation International Expo 2018” Banyuwangi, 11-16 Oktober 2018

Jakarta, Jawapers – 8 Oktober 2018. Masa kini dan masa depan masyarakat antar bangsa kini dihadapkan pada perubahan cepat yang didorong oleh revolusi trade, technology, transportation, tourism, telecommunication, information artificial intelligence (ST, IAI), yang menuntut penguasaan teknoogi tinggi dan kemampuan untuk bersaing.

Pada sektor ekonomi khususnya pangan, kini saatnya kita meretas jalan menuju kedaulatan pangan, menjadi tuan rumah di negeri sendiri, menjadi primadona di kancah global

Keuletan dan ketangguhan suatu negara ditengah meningkatnya kebutuhan pangan dan keterbatasan lahan akibat dampak perubahan iklim, menuntut pengelolaan ketahanan pangan sebagai salah satu elemen penting dalam ketahanan ekonomi nasional.

Pangan merupakan salah satu komponen strategis ekonomi Indonesia untuk menunjang peningkatan nilai ekspor, dan peningkatan devisa. Dalam pertemuan Tahunan IMF dan Bank Dunia yang akan diselenggarakan pada tanggal 8 sampai 14 Oktober 2018 di Bali, akan membahas peningkatan perekonomian di berbagai sektor, termasuk diantaranya integrated agriculture guna mengntegrasikan Agroindustry dan Agribusiness (pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan) agar dapat memberikan impact positif bagi penguatan ekonomi nasional.

Salah satu upaya meningkatkan efektifitas dan efisiensi industry dan bisnis agro ini adalah dengan membuat industry dan bisnis agro inline dengan pola industrial 4.0, atau yang kemudian bisa disebut dengan penerapan POLA AGRO 4.0.

Melihat respons positif akan hal itu, YKPN (Yayasan Kedaulatan Pangan Nusantara) dan PT. Convergence Global bersama Pemerintah Daerah Banyuwangi, akan menggelar perhelatan besar yaitu Indo Agro “Indonesia Agriculture, Fishery, Livestock and Plantation International Expo 2018” dalam rangka untuk membuka peluang pasar hasil produksi pangan lokal menuju pasar regional dan global. Adapun lokasi yang dipilih adalah Banyuwangi pada tanggal 11 sampai 16 Oktober 2018.

Expo internasional ini diharapkan menjadi salah satu bentuk intermedasi antara petani, peternak, pembudidaya di sisi supply dengan perusahaan pengolahan pangan, eksportir dan pasar global di sisi demand.

Soud Aminah, selaku Ketua Umum YKPN mengungkapkan bahwa “YKPN memiliki komitmen tinggi untuk berkontribusi dalam membantu petani dan pemerintah untuk memperkuat ketahanan pangan demi terwujudnya kedaulatan pangan yang terintegrasi,” Komitmen itu antara lain direalisaikan dalam Expo internasional ini dengan memanfaatkan lahan seluas 2 Ha di tengah kota Banyuwangi.

Guna menampilkan citra khas Indonesia sebagai negara Niaga, Agraria dan Maritim (NAM), arsitektur Expo menggunakan ornamen full bambu baik pada gate, booth, sedangkan untuk bangunan dalam pameran akan menghadirkan beragam jenis tanaman, sayur, buah, ikan dan ternak dikemas seperti layaknya berada dalam suasana pedesaan.

Tak hanya menampilkan suasana pedesaan, acara akan dimeriahkan oleh atraksi panen hasil bumi khas Indonesia pada lahan pertanian dan perkebunan, ditunjang oleh aneka ragam tanaman yang sudah ditanam dan dipersiapkan untuk panen pada waktu acara ini berlangsung. Para tamu delegasi dari 189 Negara yang akan hadir akan didampingi oleh Presiden RI, Joko Widodo..

Peluncuran Solusi Bisnis Agro 4.0

Pada Expo ini akan dilakukan Peluncuran Solusi Bisnis Agro 4.0 yang bertepatan dengan Hari Pangan Sedunia, 16 Oktober. Pcrtimbangan mendasar peluncuran Solusi Bisnis Agro 4.0 bertolak dari pemanfaatan kemajuan teknologi dalam saat ini dalam Agroindusz dan Agribusines dengan tujuan agar penetrasi teknologi segera dapat dimanfaatkan oleh masyarakat

perkotaan dan masyarakat perdesaan.

Selain itu,Solusi Bisnis Agro 4.0 melibatkan kurang lebih 40.000 peserta Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dari seluruh Indonesia, mereka diarahkan untuk menjadi jembatan yang menghubungkan antara generasi milenial dikota dengan petani didesa. Dengan memanfatkan teknologi berbasis Block Chain, Share Economic melalui Solusi Bisnis Agro 4.0 berbasis Sharring Ekonomi memungkinkan pendapatan petani, peternak dan perkebunan skala kecil/ tradisional akan meningkat. Solusi bisnis Agro 4.0 yang akan di launch ini bernama :

ALGRIZ

Algrlz adalah suatu solusi terintegrasi Agro bisnis dan agro industry yang ditenagai teknologi IT berbasis blockchain dan sharing economic dengan menggabungkan konsep crowd sourcing, crowd funding dan crowd marketing. Beberapa penerapan kongkret konsep ini antara lain:

Entry point hilir, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) sebagai pendamping petani membuat paket-paket investasi project agro, balk kecil maupun besar. Pembuatan pake lnl mengedepankan pola ‘drlven by demand/market’. Dalam hal ini, justru project Agro kecil yang akan menjadi pilar pertumbuhan Agro 4.0.

. Penerapan crowd funding, Masyarakat kelas menengah dan atas di kota mulai percaya untuk menanamkan investasinya dl project-project agro dalam skala besar maupun kecil. . Penerapan crowd marketing. Seluruh channel marketing akan diaktifkan, baik below the line (pasar offline, seperti mall, minimarket, (lelang agro, dll) dan above the line (e-commerce). Baik dalam negeri maupun luar negeri.

” . Yayasan Kedaulatan Pangan Nasional (Y KPN) lahir dari keprihatinan terhadap persoalan dan isu strategik yang berkaitan dengan upaya mewujudkan kedaulatan pangan nasional.

Adapun rancang bangun YKPN dibentuk untuk ikut berpartisipasi dalam menangani persoalan pangan dengan melibatkan stakeholder secara aktif YKPN merupakan organisasi nirlaba independen yang didirikan untuk berkontribusi pada pengembangan sektor pertanian untuk mewujudkan kedaulatan pangan di Indonesia melalui penggalangan dukungan masyarakat serta pengembangan sinergi dan kemitraan lintas sektor (pemerintah, sektor swasta dan organisasi masyarakat sipil)

Tak ayal visi YKPN ingin mewujudkan kedaulatan usaha pertanian yang berbasis pada sumber daya lokal dan berorientasi pada pemberdayaan sosial, kesejahteraan petani dan ekologi berkelanjutan.

Sedangkan untuk Misi YKPN adalah ingin mengembangkan penelitian bidang pertanian berbasis kean’fan lokal sebagai sumber pembelajaran dan pengembangan ilmu pengetahuan, meningkatkan kapasitas pengetahuan, sikap dan keterampilan kelompok petani, membangun aliansi strategis (jaringan) dengan berbagai pihak untuk memperkuat posisi tawar petani dengan model kerjasama yang saling menguntungkan, mendorong terciptanya iklim pertanian yang sehat (ramah lingkungan) dengan menjadi perintis dalam penggunaan input pertanian yang tidak berbahaya dan berbasis pada sumberdaya alam local, dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan (enterpreneur) dibidang pertanian dan turunannya.

Dengan mengantongi Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. Joko Widodo sebagai Ketua Dewan Penasehat YKPN, peran YKPN pun menjadi kuat untuk menjadi penghubung dan fasilitator bagi individu, komunitas dan organisasi sosial yang memiliki program pengembangan pertanian untuk mendapatkan dukungan pendanaan bagi keberlanjutan program-programnya, serta menjadi mitra perusahaan swasta dan BUMN dalam mengembangkan program filantropi, CD (community Development) dan CSR(C01porate Social Responsibility) juga menjadi mitra pemerintah/pemda dalam pengembangan program dan penyaluran hibah atau bantuan untuk pengembangan pertanian.

Ketua Umum YKPN Soud Aminah Assegafmenegaskan posisi YKPN akan menjalankan posisi sebagai lembagaintemiediary yang menggalang dukungan dan memfasilitasi kemitraan lintas sektor untuk mendukung berbagai inisiatif dan program yang dilakukan oleh berbagai organisasi dan komunitas di Indonesia dalam memajukan pertanian untuk menwujudkan kedaulatan pangan di Indonesia

Related Posts

Pusdirga Turut Berpartisipasi Serahkan Hewan Kurban Kepada Masjid Darul Kassyaf Buperta Cibubur

September 2, 2017

September 2, 2017

Bisnis Metro, JAKARTA — Dalam rangka menyambut Hari raya Idul Adha (Idul Qurban) 1438 Hijriah/2017, Pusdirga atau Pusat Pendidikan Kedirgantaraan...

Panglima TNI Resmi Lepas Tim Satgas Kesehatan ke Asmat

January 25, 2018

January 25, 2018

Bisnis Metro, JAKARTA — Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto didampingi para Kepala Staf Angkatan melepas 206 anggota Satuan Tugas (Satgas)...

Duta Wisata Sulut dan Forum APP-Kawanua Usulkan 2020 Tahun Kunjungan Wisata Domestik Sulut

March 5, 2020

March 5, 2020

  *Duta Wisata Sulut dan Forum APP-Kawanua Usulkan 2020 Tahun Kunjungan Wisata Domestik Sulut*   Jakarta, Jawapers.co.id   Perkumpulan Duta...

Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., S.Sos., M.M. Gantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP.

January 17, 2018

January 17, 2018

Bisnis Metro, JAKARTA — Presiden RI Ir. Joko Widodo melantik Marsekal TNI Yuyu Sutisna S.E., S.Sos., M.M. menjadi Kepala Staf...

CREATINE MENAMBAH TENAGA DAN POWER SAAT GYM

March 8, 2020

March 8, 2020

  CREATINE MENAMBAH TENAGA DAN POWER SAAT GYM   Creatine terbukti efektif meningkatkan tenaga dan menambah power Saat Gym  ...

DITJEN PAS DORONG DUNIA PEDULI NARAPIDANA LANSIA

October 18, 2018

October 18, 2018

Jakarta, Jawapers – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan mendorong dunia untuk lahirkan aturan khusus tentang standar perlakuan khusus bagi tahanan dan narapidana lanjut...

MESSAGE MAN FILM YANG SPECTAKULER DAN PENUH DENGAN TANTANGAN

November 19, 2018

November 19, 2018

Jakarta, Jawapers –19 November 2018 Film. Message Manmerupakan film aksi terbaru 2018 hasil kerjasama antara Indonesia dan Australia. Film Massage...

3D Printing Could Help Fix Damaged Cartilage in Knees

June 21, 2017

June 21, 2017

Sugar seems to have developed a reputation as the big bad wolf in relation to health. We have reported on...

KASAL RESMIKAN KSATRIAN NALA SMAN TARUNA NALA JAWA TIMUR

January 16, 2018

January 16, 2018

Bisnis Metro, MALANG — Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny. Endah...

PAMERAN SENI KARYA NARAPIDANA “NAPI CRAFT 2018” DIGELAR DITJEN PAS BERSAMA SECOND CHANGE FOUNDATION

November 1, 2018

November 1, 2018

Jakarta, Jawapers – Pameran seni karya narapidana “NAPI Craft” kembali digelar untuk yang ketujuh kalinya di Museum Seni Rupa dan...

Karel Susetyo : Presiden Harus Cepat Ambil Sikap Demi Soliditas TNI Terkait Kasus Helikopter Aw 101

August 24, 2017

August 24, 2017

Bisnismetro, JAKARTA — Tim PUSPOM TNI dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penyidikan dan pemeriksaan fisik terhadap Helikopter Agusta Westland...

Danlanaud Adi Sambut Kedatangan RI 1

December 19, 2017

December 19, 2017

Bisnis Metro, YOGYAKARTA — Komandan Lanud Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Ir. Novyan Samyoga, M.M di dampingi Ketua PIA Ardhya Garini...

Panen Terus Berlanjut Di Kabupaten Garut, Siap Jaga Ketersediaan Pangan

January 23, 2018

January 23, 2018

Bisnis Metro, GARUT — Rangkaian panen di awal tahun 2018 terus berlanjut. Kali ini panen dilakukan di Desa Karangsari kec....

Lembaga Pemilih Indonesia Menggelar Diskusi Merawat Le Indonesian Seri Le XXIX Di Gado Gado Boplo JLN Prof. Mangun Sakoro Kuningan Jaksel

November 4, 2019

November 4, 2019

    Jakarta – Jawapers. Co.. I’d, Senin 4 November 2019. Indonesia menggelar Diskusi Merawat Keindonesiaan Seri Ke-XXIX dengan taju...

Pangkohanudnas Pimpin Langsung Sertijab Dua Pejabat Kohanudnas

January 10, 2018

January 10, 2018

Bisnis Metro, JAKARTA — Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional (Pangkohanudnas) Marsekal Muda TNI Imran Baidirus, M.M., memimpin langsung Serah Terima...

Comments
Leave a Reply

Your email address will not be published.