December 6, 2019 Jawa Pers

BENTUK KESERIUSAN PEMERINTAH KOREA DALAM MENGEMBANGKAN WISATA RAMAH MUSLIM DI KOREA SELATAN

Jakarta, Jawapers – Selasa 20 Agustus 2019. Di Korea Selatan, Islam merupakan agama minoritas. Saat ini hanya mencapai 0,2% dari seluruh jumlah penduduk. Namun demikian dari tahun ke tahun pertumbuhan Islam di negeri gingseng ini semakin meningkat. Saat ini tercatat lebih dari 100 ribu muslim tinggal di Korea, baik yang merupakan penduduk asli maupun pendatang dan orang asing yang menetap.

Selama ini Korea dikenal dengan K-Pop dan drama romantisnya yang membuatnya tersohor hingga ke pelosok dunia. Selain itu, mulai dari wisata kuliner dan wisata alamnya juga menjadi magnet bagi wisatawan mancanegara, tidak terkecuali wisatawan muslim.

Semakin meningkatnya wisatawan muslim di Korea, berdampak pada semakin berkembangnya lembaga, infrastruktur pelayanan publik, serta beragam industri yang ramah muslim, atau lebih dikenal dengan istilah Muslim Friendly. Sebagai contohnya, pembangunan tempat ibadah di berbagai tujuan wisata utama, hotel, pusat perbelanjaan, bandara dan lainnya merupakan bukti keseriusan pemerintah Korea dalam mengembangkan wisata ramah muslim. Selain itu, restoran ramah muslim pun semakin banyak dan mudah dijumpai.

Korea Travel Fair 2019 di semester kedua ini merupakan salah satu upaya pemerintah Korea melalui Korea Trourism Organization (KTO) Jakarta Office untuk menarik jumlah wisatawan muslim dari Indonesia, yang merupakan salah satu negara pengirim wisatawan terbesar ke Korea. Mengambil tema Muslim Friendly Korea Festival, acara ini akan dilaksanakan pada 6 – 8 September, 2019, di Kota Kasablanka. Acara ini akan mempromosikan wisata Korea yang ramah muslim dalam balutan ambience musim dingin. Dalam pelaksanaannya kali ini, Korea Travel Fair akan terbagi menjadi 3 zona di 3 atrium mall Kota Kasablanka, yakni Grand Atrium yang diisi oleh 12 Travel Agent pilihan, yaitu Antavaya, ATS Vacation, Avia Tour, Bayu Buana Travel Services, Dwidaya Tour, Golden Rama, H.I.S Travel, KIA Tour & Travel, Obaja Tour & Travel, Rotama Tour, TX Travel, hingga WITA Tour akan memberikan penawaran menarik paket wisata Korea , terutama untuk wisata halal.

Di area Mosaic Walk pengunjung akan dapat menjumpai booth maskapai penerbangan, Bank Mandiri, serta beberapa kantor wisata regional Korea dari Seoul, Busan, Incheon dan Jeju. Organisasi Korea lain seperti Hanwa, KTO Korean Wave Division dan lainnya turut meramaikan area ini. Salah satu yang menarik adalah K-Drama Zone, yang akan menghadirkan mini expo dari drama-drama korea yang dikenal hingga pelosok negeri.

Muslim Friendly Zone akan menempati area Food Society dengan mempromosikan tempat-tempat wisata Korea yang lengkap dengan fasilitas bagi pengunjung muslim. Pengunjung dapat melihat replika Seoul Central Mosque, masjid yang di bangun pertama kali tahun 1976 di Itaewon, Seoul, dan menjadi pusat agama oIslam Korea. Di Food Society ini juga akan hadir Muslim Friendly Korean Food dimana pengunjung dapat mencicipi jajanan khas Korea yang tentunya ramah bagi muslim.

Andrew Jonghoon Kim, direktur KTO Jakarta Office, mengatakan bahwa “Acara KTF 2019 di semester kedua ini merupakan acara yang spesial karena memiliki tema Muslim Friendly Korea Festival yang bertujuan untuk mempromosikan pariwisata ramah muslim di Korea kepada masyarakat Indonesia yang merupakan salah satu negara muslim terbesar di dunia dan pasar wisatawan penting bagi Korea. Kami harap acara ini dapat menjadi media yang positif bagi mayarakat Indonesia untuk lebih mengenal Korea yang ramah muslim. Selain itu, berbagai promosi dan penawaran menarik seperti program cashback bank Mandiri serta penawaran menarik lainnya dari rekan-rekan travel agent dan maskapai penerbangan diharapkan dapat menarik minat wisatawan untuk berwisata ke Korea.”

Hal yang paling dinantikan para pecinta wisata di setiap pelaksanaan acara travel fair adalah promo tiket murah. Asiana Airlines, Cathay Pasific, Korean Air, dan Thai Airways siap untuk memberikan harga terbaik untuk rute penerbangan ke Korea. Sabre Indonesia hadir sebagai rekan GDS (Global Distribution System) resmi yang akan mempermudah dan memperlancar pemesanan tiket pesawat selama acara berlangsung.

Selanjutnya yang dicari penyuka jalan-jalan adalah promo belanja dari bank. Bank Mandiri sebagai official bank partner ‘Korea Travel Fair 2019’ juga telah mempersiapkan sejumlah penawaran menarik bagi pengunjung yang akan mengunjungi Korea. Vira Widiyasari, Senior Vice President Credit Cards Group Bank Mandiri, mengatakan, “Korea Selatan masih menjadi destinasi favorit bagi nasabah Bank Mandiri. Hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan transaksi Mandiri Kartu Kredit di atas 15% pada bulan Juli 2019. Atas dasar tersebut, Bank Mandiri senantiasa memberikan penawaran terbaik bagi pemegang Mandiri Kartu Kredit ingin berlibur ke Korea Selatan”.

Bagi calon wisatawan yang bertransaksi menggunakan Mandiri Kartu Kredit di ajang ‘Korea Travel Fair 2019’ dapat memperoleh keuntungan tambahan, antara lain tiket dengan harga spesial dengan cashback hingga Rp 3,5 juta, cicilan 0% hingga 12 bulan, diskon hingga 50% dengan fiestapoin, program #spend&get e-voucher hingga Rp 500 ribu tanpa kuota, serta masih banyak penawaran menarik lainnya untuk pemegang Mandiri Kartu.

Info terkait promo Bank Mandiri di Korea Travel Fair dapat mengunjungi : bmri.id/KTF

Beragam acara pendukung juga akan digelar untuk menambah semarak gelaran Korea Travel Fair ini, mulai dari Muslim Traveler’s Story yang menghadirkan Natasha Rizky, Ujung Oppa, serta Asma Nadia, yang akan berbagi pengalaman selama menjelajah Korea, live cooking dari Chef Jun yang akan berbagi resep masakan khas Korea, hingga lelang tiket pesawat dan paket tour Korea mulai dari 500 ribu. Tidak ketinggalan, pertunjukan non-verbal yang di datangkan langsung dari Korea. Kali ini, Fantastick dan Pang Show akan mengisi panggung utama KTF 2019 selama tiga hari. Gelaran Korea Travel Fair 2019 akan ditutup dengan penampilan Petra Sihombing serta pengundian lucky draw yang berhadiah tiket PP ke Korea bagi 4 orang pengunjung yang beruntung.

Tentang Korea Tourism Organization Jakarta

Tujuan utama Kantor Korea Tourism Organization Jakarta adalah untuk memperkenalkan Korea kepada agen-agen perjalanan dan masyarakat umum melalui berbagai aktivitas yang meliputi; pameran, proyek kerja sama pariwisata, dan beragam acara kebudayaan. Melalui acara-acara ini, kami mengharapkan adanya ikatan yang tercipta antara agen perjalanan Korea, perusahaan penerbangan, rumah sakit dan perusahaan lainnya yang bergerak disektor pariwisata guna meningkatkan hubungan bisnis internasional antara Korea dan negara Asia lainnya.
Dalam upaya mempromosikan pariwisata Korea kepada media dan agen perjalanan, Kantor KTO Jakarta secara teratur memberikan penawaran perjalanan ke Korea kepada para jurnalis dan penyelenggara tur agar mereka dapat merasakan keindahan dan budaya, serta perkembangan perekonomian Korea secara langsung. Kantor KTO Jakarta juga menyediakan buku panduan dan brosur pariwisata bagi wisatawan. Bagi siapapun yang datang berkunjung ataupun menghubungi Kantor KTO Jakarta berkesempatan untuk mendapatkan informasi dan saran mengenai pariwisata Korea, seperti; ‘highlights’ perjalanan wisata ke Korea, pariwisata medis, prosedur pembuatan visa, dan lainnya.

Alamat KTO Jakarta:

Wisma GKBI, Lt. 21 Suite 2102A, Jl. Jend. Sudirman Kav. 28 Jakarta Pusat 10210

Tentang PT Bank Mandiri (Persero), Tbk.

Bank Mandiri merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia dengan layanan finansial kepada nasabah yang meliputi segmen usaha Corporate, Commercial, Micro & Business, Consumer Banking serta Treasury. Bank Mandiri pada saat ini bersinergi dengan beberapa perusahaan anak untuk mendukung bisnis utamanya yaitu: Mandiri Sekuritas (jasa dan layanan pasar modal), Bank Syariah Mandiri (perbankan syariah), Bank Mandiri Taspen/Mantap (Kredit UMKM), AXA-Mandiri Financial Services (asuransi jiwa), Mandiri InHealth (asuransi kesehatan), Mandiri AXA General Insurance (asuransi umum), Mandiri Tunas Finance (jasa pembiayaan), Mandiri Utama Finance (jasa pembiayaan), Mandiri International Remittance (remitansi), Mandiri Europe Limited (treasury & financial institution), dan Mandiri Capital Indonesia (Pembiayaan modal ventura).

Hingga Juni 2019, jaringan Bank Mandiri telah tersebar di seluruh Indonesia yang meliputi 4.469 jaringan kantor, meliputi 2.624 cabang dan 1.845 jaringan mikro. Layanan distribusi Bank Mandiri juga dilengkapi dengan 18.291 unit ATM yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus, Electronic Data Capture (EDC) serta jaringan e-banking yang meliputi Mandiri Online, SMS Banking dan Call Center 14000.
( Yanti. R)

Related Posts

Survei Indodata Jokowi-Amin 54,8 Persen dan Prabowo-Sandi 32,5 Persen

April 11, 2019

April 11, 2019

Jakarta, Jawapers – 8 April 2019. Survei menyampaikan rilis hasil survei terbaru terkait elektabilitas pasangan calon presiden dan calon wakil presiden...

BEKRAF GELAR ACBS DUKUNG PENGEMBANGAN INDUSTRI KONTEN KREATIF ASIA

September 17, 2019

September 17, 2019

Jakarta, Jawapers – Selasa 17 Septrmber 2019 . Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) akan menyelenggarakan Asia Content Business Summit (ACBS) 2019...

Seminar Internasional & Rountable Meeting Pengajaran Bahasa Mandarin Profesional Se Asia Tenggara

July 10, 2018

July 10, 2018

Jakarta, Jawapers – Era globalisasi telah membuat mayarakat semakin sadar akan pentingnya mempelajari bahasa Asing. Kemampuan bahasa asing termasuk bahasa Mandarin dijadikan...

JAKARTA WEDDING FESTIVAL 2018 Berkolaborasi Dengan Vera Anggraini Dalam Pagelaran ‘Merajut Nusantara’

July 13, 2018

July 13, 2018

Jakarta, Jawapers (13/7/2018) Weddingku bersama Dyandra Promosindo kembali menggelar pameran pernikahan tahunan yang sudah ditunggu-tunggu segenap calon pengantin dan vendor...

Usai Upacara Penutupan, Irup Akan Tinjau Hasil TMMD ke 102

August 8, 2018

August 8, 2018

Nusa Tenggara Barat, Jawapers – Usai upacara penutupan TMMD ke 102 tahun 2018 Kodim 1615/Lotim besok pada hari Rabu tanggal 8...

Bazar Buku Big Bad Wolf Memperingati Hari Sumpah Pemuda Dengan Mengajak Masyarakat Kalimantan Timur Untuk Gemar Membaca

October 31, 2019

October 31, 2019

Jakarta, Jawapers – Jumat 1 November 2019. Dengan diskon 60%-80%, dari 1-10 November 2019, Bazar Buku Terbesar di Dunia ini...

Kasal Resmikan Pushidrosal, Sekaligus Bersilahturahmi Dengan Media Massa

January 18, 2018

January 18, 2018

Bisnis Metro, JAKARTA — Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, silaturahmi dengan jajaran pemimpin redaksi serta para...

Kemenhan Berikan Sosialisasi dan Edukasi Wawasan Kebangsaan dan Empat Pilar Kebangsaan

August 3, 2018

August 3, 2018

Nusa Tenggara Barat, Jawapers Meski bencana alam gempa bumi mengguncang Kabupaten Lombok Timur tidak menyurutkan personel Satgas TMMD ke 102 tahun...

Pesan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP : “Prajurit TNI AU Teruslah Bekerja Keras”

January 19, 2018

January 19, 2018

Bisnis Metro, JAKARTA — Ada pesan mendalam disampaikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP, ketika berpamitan dengan warga Mabesau. Seusai dilepas...

Mabes TNI Selenggarakan Upacara Hari Ibu ke-89

December 22, 2017

December 22, 2017

Bisnis Metro, JAKARTA — Markas Besar (Mabes) TNI menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Ibu ke-89 tahun 2017, dengan Inspektur Upacara Wakil...

Tingkatkan Kualitas Kinerja, PT. Adhi Karya Gandeng TNI AU

January 4, 2018

January 4, 2018

Bisnis Metro, JAKARTA — Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa dan penyiapan infrastruktur, PT. Adhi...

“Ngarak Barong” Tradisi Unik Masyarakat Bekasi

August 4, 2017

August 4, 2017

Bisnismetro, BEKASI — KOASI (Komunitas Orang Bekasi) kembali menghelat sebuah pagelaran akbar dengan Jargon “Lebaran Betawi Pondok Melati” , merupakan...

Pemberian Sertifikat Tanah Sebagai Bukti Hak Milik dan Menghindari konflik

January 22, 2018

January 22, 2018

Bisnis Metro,PALEMBANG — Presiden Joko Widodo menyatakan pemberian sertifikat tanah secara gratis kepada masyarakat sebagai bukti hak kepemilikan, sekaligus menghindari...

Paslon Rahmat Effendy dan Tri Adhianto Mengadakan Tasyakuran

July 2, 2018

July 2, 2018

Bekasi, Jawa Pers – Tasyakuran calon Walikota dan Wakil Walikota Bekasi terpilih berlangsung semarak. Tampak hadir semua pejabat eselon dan elemen...

Kolaborasi JavaMifi dan ‘Pragiwaksono’ World Tour

July 24, 2018

July 24, 2018

Jakarta, Jawapers ( 24 Juli 2018 ) – JavaMifi, brand lokal penyedia layanan sewa pocket wifi untuk wisatawan Indonesia Yang akan...